Alam & BudayaGaya HidupInformasiTravel

Tak Kenal Maka Tak Sayang, 5 Makanan Khas Bali yang Patut Dicoba

Makanan Bali
Photo credit: makanmakan.com

Berwisata ke Bali tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas daerah Bali. Makanan khas Bali selalu memiliki cita rasa tersendiri karena diracik dengan rempah – rempah khas Bali yang disebut base genep.

Promo menarik klik di Hoterip.com

Banyak wisatawan yang hanya mengenal Ayam Betutu atau Babi Guling sebagai makanan khas Bali. Kini Hoterip akan memperkenalkan makanan khas Bali lainnya yang sayang jika dilewatkan.

1. Lawar Kuwir

Photo credit: burplee.com

Lawar merupakan hidangan dengan campuran berbagai macam sayuran dan daging cincang. Bahan yang biasanya digunakan adalah kacang panjang, parutan kelapa dan kecambah lalu ditambahkan daging cincang dan dibumbui dengan bumbu khas Bali.

Karena diberi nama Lawar Kuwir, hidangan ini menggunakan daging Kuwir atau Bebek Entog. Hidangan ini sangat sedap jika dimakan bersama dengan nasi putih hangat, kacang tanah, ayam betutu, jukut ares (sayur dari batang pisang khas Bali) dan sate lilit.

2. Serombotan

Photo credit: ihategreenjello.com

Serombotan merupakan sayuran khas Kabupaten Klungkung. Hidangan ini terdiri dari berbagai macam sayuran rebus seperti kacang panjang, kangkung, kecambah, terong dan pare lalu disiram dengan bumbu bernama Kalas.

Kalas merupakan bumbu yang digunakan untuk menyiram sayuran rebus yang terdiri dari kelapa parut, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit dan kencur. Bumbu inilah yang menjadikan Serombotan begitu lezat.

3. Nasi Jinggo

Photo credit: kintamani.id

Nasi Jinggo merupakan makanan khas Bali dengan harga yang murah meriah yaitu sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 rupiah saja. Hidangan ini menjadi favorit masyarakat Bali dikala menginginkan hidangan yang sederhana dengan rasa yang nikmat.

Nasi Jinggo terdiri dari nasi yang disajikan sekepalan tangan orang dewasa dengan lauk mi goreng, ayam suwir, tempe atau tahu goreng dan sambal super pedas yang menjadi primadona hidangan ini.

4. Rujak Kuah Pindang

Photo credit: vrythree.tumblr.com

Kuliner unik yang satu ini merupakan rujak dengan siraman bumbu kuah ikan pindang (tuna). Kuliner ini biasanya dijual di pinggir jalan dan bisa ditemui hampir di semua daerah di Bali.

Rujak kuah pindang biasanya menggunakan buah mangga atau nanas lalu disiram dengan kuah yang dibuat dengan rebusan ikan pindang, cabai super pedas dan terasi. Rasa yang unik ini patut dicoba saat berwisata ke Bali.

5. Tipat Blayag

Photo credit: kintamani.id

Hidangan ini berbahan dasar tipat (ketupat) berbentuk persegi. Ketupat yang sudah dipotong-potong lalu disiram dengan santan kental yang sudah diracik dengan bumbu khas Bali. Bahan-bahan pelengkap lainnya seperti sayuran rebus, kacang tanah, ayam suwir dan telur rebus. Ciri khas tipat blayag juga dilengkapi dengan kerupuk telor khas Bali.

Untuk menikmati hidangan khas Bali yang lezat tentunya tidak cukup dengan waktu sehari. Hoterip.com siap memberikan pelayanan dengan berbagai pilihan akomodasi yang terbaik dan berbagai keuntungan tambahan.

Ingat Liburan, Ingat Hoterip.com!

62 total views, 1 today's views
Erviana Dewi

Tim Digital Marketing Hoterip.com di bawah PT H.I.S. Tour & Travel, yang aktif memasarkan dan memperkenalkan produk / layanan sebaik mungkin secara online. Bertugas sebagai admin media sosial dan penulis aktif di blog hoterip dengan menyediakan konten terbaru seputar pariwisata.

Sharing is Caring!

Leave a Reply

%d bloggers like this: