InformasiPariwisataSmart TravellerTips

5 Hal yang Perlu Dilakukan Wisatawan Saat Terjadi Gempa di Dalam Hotel

Wisatawan tidak pernah membayangkan ketika sedang liburan di hotel dan sibuk dengan berbagai aktivitas, tiba-tiba bencana gempa bumi datang. Lampu gantung berayun, gelas di hotel bergetar dan benda-benda yang ada di dalam hotel berjatuhan.

Suasana gempa bumi seperti itu mungkin saja terjadi. Kejadian gempa mungkin tidak dapat diprediksi oleh wisatawan. Bahkan ketika menjalani aktivitas di hotel, wisatawan yang menginap di hotel pasti tidak pernah akan terpikir akan terjadi gempa.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan wisatawan saat terjadi gempa di dalam hotel.

1. Jangan Panik Saat Terjadi Gempa
sumber : bmkg.go.id

Yang pertama yang harus dilakukan wisatawan adalah harus tetap tenang dan tidak panik ketika terjadi gempa bumi. Lindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja. Usahakan untuk tidak berada dekat dengan lemari atau barang pecah belah.

2. Segera Keluar Dari Hotel
sumber : bmkg.go.id

Yang kedua yang harus dilakukan wisatawan adalah segera keluar dari hotel begitu getaran gempa selesai. Jika wisatawan berada dalam hotel lantai atas. Sebaiknya gunakan tangga darurat dan jangan gunakan lift. Usahakan wisatawan mengetahui tempat evakuasi dan tangga darurat sebelumnya, biasanya juga di hotel sudah ada simbol tangga darurat. Keluar dari hotel tersebut dengan tertib.

3. Berada di Alam Terbuka dan Tanah Lapang
sumber : bmkg.go.id

Jika wisatawan sudah berhasil berada keluar saat terjadi gempa. Segera hindari bangunan dan pohon tinggi. Jauhi bangunan dan tiang-tiang tinggi karena sangat berbahaya jika rubuh. Perhatikan tempat berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah, usahakan untuk bisa berada di alam terbuka dan tanah lapang. Jangan berjalan di daerah sekitar gempa.

4. Mendengarkan Informasi
sumber : bmkg.go.id

Setelah getaran gempa bumi sudah selesai, wisatawan harus tetap waspada terhadap gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari yang pertama. Wisatawan dianjurkan selalu mendengarkan informasi mengenai gempa bumi dari smart phone atau media lainnya apabila terjadi gempa susulan. Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya dan jangan lupa untuk mengabarkan kondisi pada keluarga.

5. Jangan Lupa Berdoa
sumber : bmkg.go.id

Yang terakhir yang harus dilakukan wisatawan adalah jangan lupa selalu berdo’a kepada Tuhan menurut keyakinan masing-masing demi keamanan dan keselamatan.

Tips terjadi gempa saat berada di dalam hotel sudah didapatkan, saatnya untuk mencari akomodasi untuk melengkapi travelling seru di Hoterip.com. Selain jaminan harga dan pelayanan terbaik, Hoterip.com memberikan fasilitas keliling Bali Gratis!

Ingat Travelling, IngatHoterip.com!

5 total views, 1 today's views

Tim Digital Marketing Hoterip.com di bawah PT H.I.S. Tour & Travel, yang bertugas melakukan negosiasi dan contracting dengan hotel, untuk selanjutnya dipasarkan dengan bantuan portal online hoterip.com. Terlibat juga sebagai contributor blog hoterip sebagai tambahan edukasi bagi pelanggan sebelum melakukan transaksi booking.

Sharing is Caring!

Leave a Reply

%d bloggers like this: