InformasiPariwisataSmart TravellerTipsTravel

5 Makanan Khas Banyuwangi yang Wajib Dicoba

Banyuwangi merupakan kota yang terletak di ujung paling Timur pulau Jawa. Mayoritas penduduk lokal Banyuwangi adalah suku Osing, Jawa dan lainnya. Kota Banyuwangi mempunyai destinasi wisata alam yang sangat banyak seperti Gunung Ijen, Pulau Merah dan lainnya. Tak hanya wisata alam, dari segi kulinari Banyuwangi juga memiliki makanan khas yang tak kalah menarik. Ada banyak makanan khas Banyuwangi yang wajib dicoba.

Berikut 5 makanan khas Kota Banyuwangi yang wajib dicoba:

1. Pecel Pitik atau Pecel Ayam
sumber : banyuwangitourism.com

Pecel Pitik merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang sering diburu oleh wisatawan. Makanan ini yaitu berupa ayam kampung yang dicampur dengan bumbu dan parutan kelapa. Daging ayam terlebih dahulu disuwir-suwir atau di potong kecil-kecil kemudian kelapa yang digunakan juga tidak dimasak. Dengan kata lain, dicampur mentah-mentah dengan bumbu nya.

2. Rujak Soto
sumber : tastemade.com

Rujak Soto merupakan kombinasi dari dua menu hidangan yang berbeda yaitu rujak dan soto. Cara pembuatannya seperti rujak pada umumnya yang mempunyai bahan lontong, sayur-sayuran dan bumbu-bumbu yang dicampur jadi satu. Nah setelah bahan tercampur, tinggal disiram saja dengan kuah soto yang berisi daging, babat, telur puyuh.

3. Sego Tempong
sumber : banyuwangitourism.com

Sego tempong adalah makanan khas Banyuwangi berupa kumpulan sayuran yang sudah direbus seperti bayam, kenikir dan daun kemangi dan lauk tahu, tempe, bakwan jagung goreng, ikan jambal goreng tepung. Makanan ini kemudian disiram dengan sambal kacang yang pedas. Sego tempong mempunyai arti dari kata sego adalah nasi dan tempong adalah tampar. Dimana wisatawan yang menikmati kuliner ini berasa seperti makan sambil ditampar dikarenakan sambal sego tempong yang sangat pedas.

4. Nasi Rawon
sumber : fimela.com

Nasi rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam berisi campuran bumbu yang khas. Campuran daging empal yang empuk bisa kamu kombinasikan dengan paru, usus, tahu atau tempe, yang membedakan rawon Banyuwangi dengan rawon kota lainnya yaitu dari aromanya yang sangat harum dan bumbu-bumbu seperti: kluwek, kemiri, daun jeruk, daun salam, sereh, dan bawang merah sangat terasa gurihnya.

5. Sego Cawuk
sumber : banyuwangitourism.com

Sego cawuk adalah menu sarapan khas kota Banyuwangi yang biasa disajikan dengan menggunakan daun pisang. Makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan kuah parutan kelapa, serutan jagung muda bakar, dan kuah ikan pindang.

Untuk menikmati hidangan khas kota Banyuwangi yang nikmat tentunya tidak cukup dengan waktu sehari. Hoterip.com siap memberikan pelayanan dengan berbagai pilihan akomodasi yang terbaik dan berbagai keuntungan tambahan.

Ingat Liburan, Ingat Hoterip.com!

38 total views, 1 today's views

Tim Digital Marketing Hoterip.com di bawah PT H.I.S. Tour & Travel, yang bertugas melakukan negosiasi dan contracting dengan hotel, untuk selanjutnya dipasarkan dengan bantuan portal online hoterip.com. Terlibat juga sebagai contributor blog hoterip sebagai tambahan edukasi bagi pelanggan sebelum melakukan transaksi booking.

Sharing is Caring!

Leave a Reply

%d bloggers like this: