InformasiSmart TravellerTipsTravel

Jenis Paspor dan Visa yang Harus Wisatawan Kenali Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Kenali paspor dan visa bagi wisatawan yang akan traveling  ke luar negeri, tidak cukup hanya bermodalkan biaya atau catatan perjalanan saja. Hal pertama yang wisatawan butuhkan untuk bisa masuk ke suatu negara yaitu adalah paspor dan visa. Tanpa dua hal ini, wisatawan tidak bisa traveling ke luar negeri meskipun persiapan lainnya sudah matang. Banyak macam jenis-jenis paspor dan visa yang wisatawan belum ketahui.

Yuk, baca lebih lanjut informasinya secara lengkap.

1. Paspor
sumber : indonesia.go.id

Paspor adalah dokumen wajib untuk wisatawan yang bepergian ke luar negeri. Paspor dikeluarkan secara resmi oleh negara untuk setiap warganya yang mengajukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Setiap paspor memuat informasi penting tentang pemegangnya, seperti nama, tempat & tanggal lahir, informasi kebangsaan, dan beberapa informasi lainnya.

Paspor dibagi menjadi dua jenis, yaitu paspor biasa dan paspor elektronik. Sekilas, kedua paspor ini terlihat sama. Namun dilihat dengan lebih teliti, perbedaan kedua paspor ini ada pada sampul paspor elektronik terdapat chip kecil. Paspor di Indonesia tersedia dalam pilihan 24 dan 48 halaman. Masa berlaku paspor hanya 5 tahun dan untuk itu sebelum masa berlaku paspor habis dianjurkan segera memperpanjang paspor.

Bagi wisatawan yang belum memiliki paspor dan ingin mengajukan permohonan dianjurkan untuk memilih paspor elektronik daripada paspor biasa karena sejumlah kelebihan yang dimilikinya. Elektronik paspor tidak akan mudah dipalsukan. Dikarenakan elektronik paspor menyimpan data biometrik seperti wajah dan sidik jari di dalam chip yang tertanam di paspor. Selain itu, wisatawan juga bebas mengunjungi negara Jepang tanpa visa.

2. Visa
sumber : freepik.com

Visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara untuk memberikan izin masuk ke suatu negara dalam waktu tertentu dan dengan tujuan tertentu. Wisatawan membutuhkan visa untuk bisa masuk secara legal ke negara tujuan. Di setiap negara mempunyai aturan dan kebijakan tersendiri dalam penerapan aturan pengeluaran visa. Ada banyak jenis visa hanya saja dua jenis visa dibawah ini yang sering digunakan saat berpergian ke luar negeri.

Visa on arrival adalah visa yang dibuat saat wisatawan tiba di negara tujuan sehingga tak perlu repot-repot membuatnya dari jauh-jauh hari. Sistem visa on arrival ini hanya berlaku di antara negara-negara tertentu.

Kemudian visa kunjungan wisata adalah yang paling sering digunakan oleh wisatawan jika pergi ke luar negeri. Namun untuk mendapatkan visa ini wisatawan harus mengajukan pembuatannya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. dikarenakan ada prosedur yang harus di lakukan untuk mendapatkan visa ini.

Jika sudah mengerti apa itu paspor dan visa, saatnya untuk mencari akomodasi untuk melengkapi travelling seru di Hoterip.com. Selain jaminan harga dan pelayanan terbaik, Hoterip.com memberikan fasilitas keliling Bali Gratis!

Ingat Travelling, Ingat Hoterip.com!

84 total views, 1 today's views

Tim Digital Marketing Hoterip.com di bawah PT H.I.S. Tour & Travel, yang bertugas melakukan negosiasi dan contracting dengan hotel, untuk selanjutnya dipasarkan dengan bantuan portal online hoterip.com. Terlibat juga sebagai contributor blog hoterip sebagai tambahan edukasi bagi pelanggan sebelum melakukan transaksi booking.

Sharing is Caring!

Leave a Reply

%d bloggers like this: