Gaya HidupSmart TravellerTeknologiTravel

Kenali Cara Efisien Travelling dengan OTA

Booking Hotel Online - OTA (Online Travel Agency) - Pilihan Smart Traveller

Perkembangan zaman akibat masuknya teknologi internet semakin memberikan kemudahan beraktivitas. Kemudahan menjadikan segala sesuatu menjadi semakin cepat sehingga orang memiliki lebih banyak waktu. Banyaknya waktu akhirnya mendorong lahirnya kebutuhan baru.

Kebutuhan baru muncul di seluruh aspek kehidupan. Salah satu yang paling utama adalah kebutuhan akan kepraktisan. Kita jadi cenderung ingin serba cepat dan serba dekat. Hal inilah yang menjadikan seluruh lini bisnis berevolusi ke ranah digital untuk semakin merangkul pasarnya secara lebih cepat dan dekat.

Hal tersebut juga terjadi dalam lini bisnis travel. Kemajuan zaman membuat orang ingin bisa memenuhi persiapan perjalanannya dengan lebih cepat dan mudah. Jika dulu orang selalu mengandalkan agen travel dan agen tiket yang ada di bandara atau pusat bisnis, saat ini orang mulai beralih memanfaatkan Online Travel Agency (OTA).

Online travel agent (OTA) pada dasarnya memiliki lingkup bisnis selayaknya agen travel konvensional yang selama ini ada. Hanya saja, OTA membuka layanannya berbasis digital, dimana transaksi pencarian informasi, pemesanan, dan pembayaran semuanya terjadi di dalam jagat maya.

Online travel agency ini pada dasarnya terbagi dalam tiga jenis, yaitu booking online, travel review, dan online aggregator. Booking online menyediakan layanan untuk memesan akomodasi perjalanan, sementara travel review merupakan penyedia ulasan kualitas/pengalaman menggunakan akomodasi dari para traveller. Online Aggregator menggabungkan konsep keduanya dan berperan menjadi agen travel yang serba lengkap. Online aggregator memudahkan Anda untuk mencari informasi berbagai pilihan akomodasi (hotel dan pesawat), membandingkan antarharga, dan secara langsung melakukan pemesanan tiket/kamar.

Industri OTA, terutama jenis online aggregator dipandang memiliki potensi sangat bersinar di Tanah Air. Apalagi didukung dengan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, termasuk akibat booming-nya ponsel pintar murah. Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2017, dari 262 juta jiwa populasi penduduk di Indonesia, tercatat 54.68% nya atau 143.26 juta penduduk indonesia sudah terkena penetrasi Internet. Meningkat sebanyak 7.95% dibandingkan tahun 2016.

Penggunaan layanan OTA yang baik sangat mudah dan cepat. Anda tidak perlu mendatangi lokasi tertentu untuk mengaksesnya. Cukup pastikan Anda memiliki perangkat komputer/laptop/ponsel pintar yang sudah terhubung dengan internet. Anda pun bisa mengunjungi OTA selagi duduk tenang di rumah/kamar/kantor sendiri. Tampilannya yang sederhana dengan petunjuk yang juga sederhana memudahkan pengunjung menuntun diri mencari akomodasi sesuai waktu perjalanan yang diinginkan.

Misalnya Anda sedang mencari tiket pesawat di Traveloka. Tampilan OTA yang langsung memunculkan kolom pencarian bisa langsung digunakan cukup dengan memasukkan: kota asal dan tujuan, tanggal penerbangan, serta jumlah penumpang. Setelah menekan enter, beberapa saat kemudian Anda akan diberikan daftar pilihan waktu penerbangan, serta alternatif maskapai lain beserta harga.

Tinggal pilih mana yang paling sesuai kebutuhan Anda, lalu lanjutkan dengan memasukan data pribadi, dan melakukan konfirmasi. Setelahnya muncul nominal yang harus dibayar. Setelah Anda bayar, tinggal tunggu tiket elektronik dikirimkan ke email Anda. Email yang sudah diterima tinggal Anda gunakan pada hari H perjalanan. Sangat mudah dan cepat. Hemat biaya, hemat tenaga, dan tentunya hemat waktu.

Gaya hidup seperti inilah yang akan menjadi pemandangan sehari-hari dalam beberapa tahun ke depan, sebagai pilihan smart traveller.

Sumber: Traveloka

17 total views, 1 today's views
Sharing is Caring!

Comment here