Gaya HidupSmart TravellerTeknologiTravel

Mau Traveling Mudah, Aman dan Nyaman?

Traveling Mudah, Aman dan Nyaman berkat Inovasi Teknologi - Info Perjalanan Wisata Anda - Hoterip, Layanan Pesan Hotel Terbaik

Travelling saat ini bukan lagi menjadi barang mewah. Seiring dengan perkembangan teknologi, moda transportasi, akomodasi dan sarana pendukung semakin murah. Proses booking juga semakin mudah dan banyak terdapat pilihan.

Kemajuan inilah yang dilihat oleh banyak pelaku usaha tour and travel dengan berlomba-lomba menyediakan layanan terbaik mereka. PT. H.I.S Tour and Travel sebagai salah satu agent travel terbaik dengan prinsip “Highest International Standard” melalui layanan pesan hotel terbaik Hoterip.com, menawarkan banyak keuntungan yang bisa didapatkan langsung saat transaksi.

Menurut statistik, pada tahun 2017 sebanyak 1.32 milyar orang melakukan perjalanan baik mancanegara maupun domestik. Sebanyak 14 juta diantaranya berkunjung ke/dari Indonesia. Dan angka ini akan terus bertambah seiring perkembangan teknologi itu sendiri.

Hal tersebut juga berdampak dari banyak inovasi teknologi yang telah terjadi pada layanan industri perjalanan seperti ini. Berikut adalah 6 inovasi yang telah diterapkan oleh banyak layanan industri tour and travel

  1. Pemesanan Online
    Inovasi yang satu ini telah meringankan beban bahu pelancong. Bertahun-tahun lalu pelanggan harus menjalani antrian panjang penantian pemesanan tiket penerbangan atau bus. Ini telah berubah dalam tahun-tahun belakangan dan perjalanan jadi lebih mudah tanpa harus mengantri.
    Pelancong dapat memesan tiket penerbangan dan bus online secara sederhana. Ini artinya, pelanggan . Harapannya adalah layanan pemesanan online akan menjadi lebih baik ke depannya. Sehingga mengurangi kebosanan dalam pembayaran perjalanan dan memaksimalkan kenyamanan pelancong.
  2. Global Positioning System
    Global Positioning System (GPS) adalah inovasi lain yang sangat menguntungkan industri perjalanan. Fitur teknologi ini pertama kali diperkenalkan di perangkat bergerak. Namun kini digunakan oleh para pelancong dan agen perjalanan lintas dunia. Pelancong menggunakannya untuk menjelajahi tempat-tempat baru yang menggantikan ketergantungannya pada seorang guide perjalanan.
    Perangkat GPS lebih kecil dan lebih efisien ketimbang peta besar. Juga perangkat ini lebih akurat dan dapat diandalkan. Apalagi telah ada perangkat GPS genggam yang memudahkan navigasi dan nyaman bahkan ketika kamu bepergian, berperahu, memancing, atau pergi ke tempat-tempat yang hanya sedikit pengunjungnya. Agen-agen perjalanan juga menempatkan perangkat pelacak GPS pada armada mobilnya. Dengan ini mereka dapat melacak kendaraan di manapun demi keamanan.
  3. E-Tiket
    Inovasi lain yang mengubah industri perjalanan adalah sistem tiket elektronik. Biasanya ini diterapkan pada transportasi udara. Contohnya, setiap anggota Asosiasi Transportasi Udara Internasional disarankan menggunakan sistem tiket elektronik untuk para pelanggannya. Dengan tiket seperti ini maka pelanggan tidak perlu menunggu tiketnya jadi dalam bentuk surat standar.
    E-tiket juga berfungsi pada pemesanan online dan tiket akan dikirimkan kepada pelancong melalui email saat mereka siap pergi atau berdasarkan pemesanan mereka. Fitur ini menguntungkan agen perjalanan dan pelancong. Di sisi pelancong mereka tidak perlu khawatir kehilangan tiket kertasnya. Agen perjalanan juga tidak perlu khawatir tentang biaya seperti pengadaan kertas dan keperluan cetak mencetak. Selain itu juga lebih mudah membawa e-tiket daripada tiket kertas.
  4. Chip Identitas untuk Pelacakan Tas
    Perusahaan perjalanan tidak perlu khawatir tentang pertanggungjawaban atas kehilangan kopor. Hampir semua perusahaan penerbangan dan bus menyematkan chip identitas pada kopor pelanggan. Dengan cara ini mereka dapat menggunakan sistemnya untuk melacak dengan tepat lokasi tas.
    Pelanggan juga menyematkan perangkat pelacak di tasnya dan mereka dapat dengan mudah mengontrolnya melalui aplikasi di teleponnya. Dalam hal ini para pelancong tidak harus selalu mendatangi bagian customer support untuk meminta bantuan jika kehilangan tasnya.
  5. Analisa Prediksi
    Inovasi ini khusus digunakan oleh perusahaan perjalanan. Para travel perjalanan menggunakan alat dan aplikasi terkait untuk mengakses data yang terukur. Dengan cara ini mereka dapat mengetahui aktivitas atau kegiatan pelancong sebelumnya beserta tingkat keaktifannya pada waktu tertentu sepanjang tahun.
    Mereka dapat juga menentukan tren ke depan yang akan membantu mereka mempersiapkan manajemen dengan lebih baik. Terima kasih, analisa prediksi.
  6. Manajemen Media Sosial
    Jaringan sosial media mendominasi dunia internet hari ini. Pelancong bergantung padanya saat mereka ingin mengetahui pengalaman di tempat wisata atau agen perjalanan tertentu. Mereka juga membagikan pengalaman perjalanannya di media sosial.
    Para agen perjalanan memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan layanan mereka dan memperluas jangkauan pelanggannya. Beberapa darinya juga berhubungan dengan pelanggannya di media sosial hanya untuk mengetahui tingkat kepuasan dan pengaduan mereka.

Teknologi telah berkembang pesat sejak diperkenalkan ke dunia. Agen perjalanan dan pelancong akan mendapatkan keuntungan dari inovasi-inovasi masa depan, menjadikan seluruh layanan tersampaikan dengan lebih baik dan lebih cepat.

Sebagai traveller, kita juga dengan mudah dapat menemukan dan memilih serta membandingkan banyak aplikasi maupun situs yang menawarkan berbagai macam harga dan paket perjalanan. Semua dapat dilakukan dengan smartphone saja.

Sebagai pelaku industri tour and travel, sangat penting untuk selalu ikut dan menjadi bagian dari perkembangan inovasi teknologi untuk memudahkan jangkauan dengan customer dengan memberikan layanan terbaik, mulai dari pesan hotel, pesan tiket pesawat, kereta api sampai kepada pesan tiket aktivitas wisata. Sebagai informasi, kami juga banyak memberikan promo booking hotel online di halaman promo Hoterip.com, pilihan Smart Traveller.

Salam Travelling

sumber : bixbux

57 total views, 1 today's views

Digital marketing & Web Programmer Hoterip.com di bawah PT. H.I.S Tour & Travel, yang terus melakukan pengembangan sistem, website, upgrade SEO dan atribut lain yang terkait dengan New Business Development. Sesekali juga terlibat dalam pembuatan konten digital, baik tulisan maupun visual.

Sharing is Caring!

Comments (2)

  1. Sayangnya untuk proses cancel tiket kereta masih manual ya min? Terakhir sih harus datang ke stasiun dulu ga bisa via online. Kenapa harus kayak gitu yak?

    • Hi Ikhwan,

      Dengan perkembangan teknologi yang makin pesat, PT KAI sendiri juga tidak ingin ketinggalan untuk memanjakan pelanggannya. Saat ini, pembatalan tiket kereta api sudah bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access yang bisa diunduh pada Playstore maupun AppStore.
      Setelah melakukan instalasi, masuk ke menu MyTrips dan pilih eticket yang akan dibatalkan, kemudian klik tombol “Pembatalan“. Pilih nama penumpang yang ingin melakukan pembatalan, centang S&K, kemudian “Lanjut“. Masukan akun bank yang sesuai pada halaman berikutnya, dan lanjutkan proses pembatalan dengan klik tombol “Konfirmasi“.

      Semoga membantu ya
      Salam dari hoterip.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: